Cara Bermain Piano untuk Pemula

Rabu, 12 Oktober 2016


Cara Bermain Piano untuk Pemula - Piano adalah alat musik yang cukup digemari oleh hampir semua kalangan musisi dan orang awam. Mulai dari anak anak hingga dewasa, banyak yang menyukai alat musik satu ini. Selain berbunyi nyaring dan lembut, ditangan para pakar piano, dengan mendengarkan permainan alat musik ini akan membuat kita lebih tenang dan damai. Oleh sebab itu, banyak sekali yang ingin belajar tentang piano. Tak tanggung tanggung, banyak berani bayar mahal demi bisa bermain piano. Sesulit apakah bermain piano? Apakah ada cara mudah memahami trik cara belajar piano dengan mudah? mari kita simak tulisan dibawah ini.

Piano 

Piano adalah alat musik memiliki senar didalam yang dimainkan dengan mengetuk tuts yang yang berwarna putih dan hitam. Tuts tersebut menyambung ke senar sehingga dapat berbunyi secara nyaring. Namun, belakangan ini banyak yang salah paham tentang perbedaan antar keyboard dan Piano. Keyboard itu memang mirip dengan piano. Bedanya, piano adalah alat musik akustik (tanpa aliran listrik) sedangkan keyboard adalah alat musik elektronik (butuh aliran listrik). Tapi, pada dasarnya alat musik ini cara memainkannya sama. Nah untuk anda yang ingin belajar piano dan minim dana, lebih baik anda membeli keyboard karena harga piano (grand piano) sangat mahal. Dan tentunya keyboard jauh lebih murah. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan trik cara belajar piano dengan mudah.

Piano dan Trik Cara Belajar Piano dengan Mudah

Trik cara belajar piano dengan mudah memang banyak, tapi layaknya bermain gitar tentunya anda harus belajar memainkan akor atau kunci gitar. Nah disini anda harus mampu memainkan akor piano. Jika anda bingung cara memainkan akor atau kunci pada piano. Berikut ada trik cara belajar piano dibawah ini:

Tentukan Do Mi Sol

Do Mi Sol? apa itu? ingat anda sering mendengar kata Do re mi fa sol la si do' kan? nah, disini untuk membentuk akor anda membutuhkan 3 nada dasar Do-Mi-Sol tersebut yang biasa disebut dengan triad. Dalam membentuk akor anda perlu beberapa penyesuaian dan latihan. Perlahan anda perlu berlatih akor tersebut dengan tangan kiri saja. Anda perlu membuat tangan kiri anda nyaman. Sebagai contoh, ketika anda memainkan nada dasar C, maka nada perlu menekan tuts C-E-G agar menjadi sebuah akor triad yang terdengar harmoni. Anda bisa memulai dengan menggabungkan beberapa not pada masing masing tuts agar menjadi satu akor yang dapat bernilai harmonis. Oleh sebab itu, anda perlu mencari triad dari beberapa akor dasar. 


Tentukan Nada Mayor dan Minor

Dalam mempelajari piano, tentu hampir sama seperti dengan gitar, anda juga harus memikirkan dua nada ini yaitu tangga nada mayor dan tangga nada minor. Didalamnya anda perlu menggunakan beberapa penggabungan yang sedikit berbeda dari yang sudah dijelaskan diatas. Nada mayor akan berbeda dengan nada minor. Biasanya nada atau kunci minor akan bernuansa sedih dan mayor bernuansa senang. Tapi keberadaan keduanya sangat penting dalam mengiringi sebuah lagu. Oleh sebab itu anda perlu mempelajari kedua akor ini dengan baik. Anda bisa mencari referensi gambar gambar akor atau kunci dari piano baik mayor maupun minor.


Menyamakan Tangan Kanan dan Kiri

Nah, ini perlu dilakukan dan dipelajari oleh pemula, kenapa mengimbangi permainan piano pada tangan kanan dan kiri memang susah, akan tetapi dalam mempelajari piano yang dapat anda lakukan adalah dengan menekan tuts piano sesuai tangan kiri dan kanan harus menekan dengan sama. Sebagai contoh, ketika anda menekan kunci C pada tangan kiri tentu anda perlu menekan kunci C juga pada tangan kanan. Ingat seimbangkan perpindahan kedua tangan anda juga. 

Belajar Lagu

Ini juga tidak kalah penting, dalam mempelajari sebuah alat musik anda perlu mempelajari dan mengaplikasikan pada karya yang sudah ada. Contohnya adalah lagu. Anda bisa mencari kunci dari lagu kesukaan anda, dengan begitu anda dapat menemukan jalan atau kunci dari lagu kesukaan anda tersebut. Dengan begitu anda akan dengan mudah mengikuti permainan dari sebuah lagu tersebut. 

Jangan terlalu berpikir jauh dulu. Ingat, anda perlu belajar bertahap, anda tidak dapat mempelajari sebuah permainan instrumen dengan satu hari. Permainan instrumen dari pianis pianis terkenal tergolong sulit karena banyak penggunaan teknik dan memakan latihan yang cukup lama. Oleh sebab itu, anda dapat mempelajarinya dengan mengiringi sebagai rythm dari sebuah lagu. Tentunya anda dapat mempelajarinya dengan seiring berjalannya waktu dan latihan anda.

Itu tadi tentang Piano dan Trik Cara Belajar Piano bagi Pemula dengan Mudah semoga bermanfaat. Baca juga Fingerstyle dan Cara Belajar Gitar Akustik dengan mudah untuk Pemula agar anda dapat memainkan lagu dengan petikan dahsyat dari gitar anda. Dan untuk seputar dunia musik kunjungi terus http://bermacamalatmusik.blogspot.com/. Sekian dan Terimakasih.