Cara bermain Flute/Seruling untuk Pemula

Kamis, 13 Oktober 2016


BEBERAPA HAL YANG HARUS ANDA PAHAMI : 

1. Kuasai teknik penjarian pada alat musik flute
2. Pergunakan pernafasan diafragma
3. Usahakan berlatih dengan didampingi Guru

Dibawah ini akan dijelaskan secara lengkap tentang ketiga hal diatas

TEKNIK PENJARIAN FLUTE :


A. Berlatihlah penjarian flute mulai pada nada-nada yg mudah
contoh : nada c" - b' - a' - g'

Tiuplah nada satu persatu sampai menemukan posisi tiupan yg betul/menghasilkan suara yg paling " bulat " tiupanya buatlah rangkaian nada-nada yg anda sukai untuk melatih tiupan anda agar lama kelamaan anda menemukan posisi tiupan yg benar jenis tiupan :

     1.Tiupan " tut "

     2.Tiupan " dhut "
   
     3.Tiupan " hu "

Masing-masing jenis tiupan dapat kita manfaatkan untuk berlatih meniup alat musik flute sesuai dengan keinginan kita . untuk menghasilkan nada-nada rendah kita lebih baik menggunakan jenis tiupan " dhut "dan " hu " . sedangkan untuk menghasilkan nada-nada tinggi lebih efektif menggunakan jenis tiupan " thut "

Penjarian alat musik flute :

Penjarian alat musik flute hampir mirip dengan teknik penjarian pada recorder,bedanya ialah :

Kalau recorder hanya bisa dimainkan dengan 2 oktaf,sedangkan flute mampu dimainkan sampai 3 oktaf. Akan tetapi kedua alat musik tersebut sama-sama dimulai dari nada c'

POSISI PENJARIAN DASAR :

1.+ NADA c"
        
posisi penjarian nada c" ini,untuk ibu jari tangan kiri tidak menekan klep atau hanya berfungsi sebagai penyangga alat . sedangkan jari kelingking tangan kanan menekan klep yg sifatnya juga hanya sebagai penyangga alat .

2.NADA b'

Nada b' posisi ibu jari tangan kiri menekan klep bawah yg bentuk klepnya panjang 

3.NADA a'

Nada a' posisi jari tangan kiri menutup 3 buah klep yaitu : ibu jari,jari telunjuk,jari tengah . sedangkan jari tangan kiri masih tetap seperti posisi sebelumnya.

4.NADA g'

Nada g' tinggal menambah posisi jari manis dari tangan kiri menutup klep dari posisi sebelumnya pada prinsipnya berlatih alat musik tiup itu harus mengetahui bahwa satu posisi saja bila ditiup dengan tiupan yg berbeda lemah atau kuatnya akan menghasilkan nada yg berbeda pula . begitu pula dengan alat musik tiup yg lainya seperti : recorder,terompet,saxophone,suling bambu dll .

B.BERLATIH PERNAFASAN

Teknik pernafasan dalam bermain alat musik flute pada dasarnya sama bila kita berlatih vokal . pernafasan yg paling efektif juga menggunakan pernafasan diafragma,hanya saja ada tip untuk melatih tiupan agar tiupan yg kita gunakan dapat seefisien mungkin .


TIPS MELATIH TIUPAN :

1.Tarik nafas sebanyak mungkin,lantas tahan 4 detik terus hembuskan secara mendesis dan stabil ( ulangi terus sampai menghasilkan desisan kita panjang )

2.Tarik nafas sebanyak mungkin,terus tahan sejenak lantas tiupkan pada sebuah lilin yg menyala,akan tetapi api lilin tersebut jangan sampai apinya mati

3.Ulangi latihan tersebut sampai tiupan anda betul-betul panjang agar untuk latihan tahap berikutnya anda tidak mengalami kendala karena nafas anda masih pendek yg akan berpengaruh terhadap keindahan lagu yang anda mainkan

C.PELATIH

Pelatih sangatlah penting dalam mendampingi seorang siswa yg sedang berlatih alat musik flute, Sebab selain membimbing,mengarahkan,mengevaluasi,seorang pelatih juga kebih tahu mencarikan materi lagu yg dapat digunakan untuk berlatih sesuai dengan kemampuan siswa