Cara Belajar Gitar Untuk Pemula Supaya Lebih Mudah dan Menyenangkan

Rabu, 01 Februari 2017

http://bermacamalatmusik.blogspot.com/
Cara belajar gitar untuk pemula memang berbeda bagi setiap orang karena tingkat kemampuan dan kemauannya juga berbeda. Kadang banyak orang atau pemula yang sedang belajar gitar merasa bosan untuk mempelajari cara bermain gitar karena mungkin dia anggap belajar gitar itu sulit. Apakah anda juga merasakannya? Jika iya maka sebaiknya anda perhatikan beberapa tips di bawah ini untuk membuat proses belajar gitar anda menjadi lebih menyenangkan dan mudah.

Cara Belajar Gitar Untuk Pemula

1. Anda tidak perlu belajar setiap chord
Cara Bermain Gitar

Mungkin banyak orang yang menyarankan cara belajar gitar untuk pemula adalah dengan menghafal semua chord sekaligus. Ini adalah bukan hal yang benar, cara termudah untuk mengingat sesuatu adalah dengan menerapkannya, hal ini sama dengan saat anda belajar cara bermain gitar yaitu dengan menerapkan penggunaan kunci kunci tersebut. Pilih lagu yang relatif mudah yang menggunakan kunci mudah. Untuk pemula yang baru bermain gitar sebaiknya pelajari saja chord yang mudah, jangan semua chord langsung dipelajari. Cara ini jauh lebih cepat, lebih menyenangkan, lebih bermanfaat dan lebih efisien untuk cara belajar gitar pemula.

2. Jangan merasa salah ketika anda membuat kesalahan

Cara belajar gitar untuk pemula yang kedua ini cukup unik namun sangat bermanfaat untuk menjaga permainan gitar anda. Ketika anda mencoba untuk mulai bermain gitar di depan orang dengan memainkan sebuah lagu atau progresi chord, jika pada saat itu anda melakukan sebuah kesalahan, maka abaikan saja hal tersebut. Hal itu karena jika anda memikirkannya justru akan mengacaukan permainan gitar yang sedang anda mainkan. Ini adalah salah satu trik cara cepat belajar gitar dengan cara anda mengabaikan kesalahan dan terus bermain, pendengar juga belum tentu mengetahui jika anda melakukan kesalahan.

3. Hindari senar nilon dan pick

Ketika anda memulai cara belajar gitar untuk pemula dengan gitar yang menggunakan sebuah senar nilon, dan anda juga melakukan strumming menggunakan pick, itu adalah hal yang salah. Gantilah senar nilon menggunakan senar string baja atau stainless, setelah itu letakkan pick gitar yang anda gunakan dan sekarang hanya gunakanlah jari anda untuk strumming dan memetik senar. Dengan cara itu maka jari jari anda akan lebih terbiasa untuk bekerja keras, jika hal ini dilakukan setiap anda bermain gitar maka akan membuat jari anda semakin kuat. Namun untuk bermain gitar elektrik sebaiknya anda tetap menggunakan pick gitar. Ini hanya cara belajar gitar untuk pemula khususnya yang menggunakan gitar akustik.

4. Pelajari teknik baru setelah menguasai sebuah teknik

Setelah anda menguasai sebuah teknik misalnya teknik strumming pada pola pola tertentu, maka sudah saatnya anda belajar untuk teknik teknik lain yang levelnya lebih tinggi dan tingkat kesulitannya pun juga lebih tinggi, misalnya teknik petikan atau fingerpicking. Dengan cara belajar gitar untuk pemula ini maka anda tidak akan bosan dalam belajar cara bermain gitar karena anda akan selalu belajar teknik teknik baru dan bisa anda terapkan pada setiap permainan gitar anda. Jika ingin belajar teknik finger picking silahkan klik Belajar Petikan Kunci Dasar .

5. Pelajari juga teori untuk memperkaya pengetahuan

Tips cara belajar gitar untuk pemula terakhir yang akan saya bahas yaitu anda perlu untuk mempelajari teori teori musik atau teori dalam permainan gitar untuk memperkaya pengetahuan serta juga bisa dapat membuat permainan gitar anda lebih kaya, salah satunya yaitu belajar notasi. Membaca notasi musik sangat berguna, walaupun tidak semua gitaris bisa membaca notasi, namun notasi ini memiliki peran penting untuk meningkatkan permainan anda. Hal tersebut dapat membantu anda untuk mengetahui bagaimana sebuah chord gitar bisa terbentuk, kemudian belajar nada dasar dan lain lain.

Jangan lupa untuk membaca juga artikel sebelumnya tentang Mengenal jenis-jenis alat musik. Beberapa tips tentang cara belajar gitar untuk pemula di atas memang tidak sulit, justru dapat membuat anda menjadi lebih senang dan tidak bosan dalam belajar cara bermain gitar. Lakukan tips tips di atas untuk anda yang sedang belajar gitar atau khususnya pemula dalam bermain gitar. Mungkin sekian tips yang bisa saya bagikan tentang cara belajar gitar untuk pemula terimakasih.
 
Nonton Anime Baca Komik Short Url Forum Indo Manga